Home > kursus teknisi handphone > Cara Perbaikan Contact Retailer Ponsel Nokia WD2

Cara Perbaikan Contact Retailer Ponsel Nokia WD2


Kali ini Wahana Ponsel dan Raja Ponsel akan sedikit memberikan tips dan triks reparasi kerusakan Contact Retailer yang biasa terjadi pada ponsel Nokia jenis WD2 atau yang lebih tinggi seperti jenis ponsel BB5, kerusakan ini bias disebabkan karena software ataupun hardware, sedangkan pembahasan kali ini akan dikupas secara gambling mengenai teknik reparasi menggunakan software

Bagi anda yang sedang mendalami teknik reparasi atau yang ingin menjadi teknisi ponsel maka materi ini sangatlah penting anda kuasai 

1.   Hubungkan handphone ke box tornado menggunakan kabel flash untuk Nokia 6670. Pastikan kabel berfungsi dan tidak ada pin yang rusak begitu pula programming interface pada mesin PWB bersih dan tidak rusak.

2.      Hubungkan juga box tornado ke computer menggunakan USB cable.

3.  Hidupkan computer dan aktifkan software tornado untuk Nokia versi terbaru yaitu DCTX_UFS dengan memilih short cut pada layar desktop atau dari start di program file.

4.      ktifkan hubungan computer ke box tornado dengan memilih perintah connect pada tampilan DCTX. Saat proses ini terjadi lampu led TX dan RX pada box tornado akan berkedip hingga tampilan versi software pada box tornado ditampilkan di layar proses /result

1.jpg
     

 

5.      Pilih product handphone Nokia 6670 pada folder WD2 yang terdapat disebelah folder DCT4. Jika baseband handphone UEM dan UPP tidak rusak, dengan memilih check box pada autodetect product diikuti dengan menekan tombol check  beserta info maka secara automatis product handphone akan dipilih berdasarkan software MCU dan PPM dalam EEPROM/Flash.

 2.jpg
      

6.    Selanjutnya lakukan perintah boot up dengan menekan tombol check di handphone. Jika proses berhasil maka tampilan 1st boot ok, WD2 UPP. xxxx Repowering Mobile akan tampil di box result/event jika pesan error tampil maka bagian baseband UEM rusak.

7.      Tekan tombol info. Semua informasi software MCU,PPM hingga network akan di tampilkan di result/event. Pada case study ini ditemukan tampilan info sulit untuk ditampilkan. Sering terpotong hanya informasi MCU dan PPM software saja yang tampil sedangkan info lainnya tidak tampil.

 

3.jpg

 

 

 

 

 

 

 

   

8.   Lakukan proses check dan info berulang barulah info dapat ditampilkan dengan lengkap. Kerusakan seperti ini dengan gejala sulit untuk membaca informasi pada proses info disebabkan oleh rusaknya sotware bagian MCU dan PPM atau hardwarenya yaitu UPP atau IC flash. Umumnya handphone  sulit atau tidak dapat masuk ke kondisi local mode/ local mode error.

4.jpg

 

 

 

 

 

 

 

 

9.    Lakukan pengisian ulang firmware versi  terbaru pada  MCU dan PPM Nokia 6670 dengan proses flash. Jika ditemukan kegagalan dalam proses flash lakukan penghapusan EEPROM dengan menggunakan fasilitas ERASE Flash. Pilih Firmware lainnya dengan memilih versi firmware yang lebih lama.

5.jpg

 

10.    Dengan melakukan Erase EEPROM dan pemasukan firmware yang berbeda masih ditemukan tampilan pesan “Contact Retailer” pada Nokia 6670 ini. Begitu juga setelah melakukan master reset dengan *#7730# dan formatting handphone dengan 3, *,  tombol panggil dan tekan sakelar On bersamaan..

11.  Maka kerusakan tersebut bukan dikarenakan oleh software, melainkan perangkat hardware dari ponsel tersebut ada yang mengalami gangguan, dan biasanya terjadi pada eeprom atau yang biasa disebut UEM pada ponsel Nokia

  1. Nym_bjt
    July 10, 2008 at 8:24 am

    Makasi atas triknya dan kalo bisa seh trik yang lain jga

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: